Foto: Ilustrasi

depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus melaksanakan program Kementerian Kesehatan dengan menggunakan bulan Februari dan Agustus sebagai bulan vitamin A. Untuk itu, peran Posyandu yang ada di wilayah akan dimaksimalkan untuk menyukseskan pemberian vitamin A untuk anak usia enam bulan hingga lima tahun.

“Jadi pemberian vitamin A itu melalui Posyandu, maka kami maksimalkan perannya dan para kader untuk mengajak ibu yang mempunyai bayi balita untuk datang dan mengonsumsi vitamin A,” tutur Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kota Depok, Eti Rohati di acara Penguatan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak di aula Puskesmas Cimanggis, Rabu (25/07).
Dikatakan Eti, pemberian kapsul vitamin A dilaksanakan di setiap Posyandu. Hal itu agar pencatatan data bayi dan balita dapat lebih sistematis serta alur pelaporan menjadi searah.
“Vitamin A tidak diberikan melalui rumah sakit atau Puskesmas, kecuali jika balita memerlukan vitamin pasca sakit. Maka kami tekankan kepada kader dan masyarakat untuk memanfaatkan bulan vitamin A ini,” katanya.
Lebih lanjut, Eti menuturkan, pemberian vitamin A dimaksudkan guna memberikan asupan lebih untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan balita. Tentu, pemberian dosis vitamin A setiap anak akan berbeda.
Untuk usia enam hingga sebelas bulan, maka diberikan vitamin A dengan dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.
Terakhir, dirinya berpesan kepada kader Posyandu untuk terus berupaya meningkatkan cakupan pemberian vitamin A. Selain itu, kader juga diminta melakukan sweeping ke rumah warga agar pemberian vitamin A berjalan sukses di Depok.
Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :