Ratusan perwakilan Lembaga PAUD dan Dikmas di Depok diberikan pembekalan untuk meningkatan mutu pendidikan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berkomitmen meningkatkan kualitas lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok. Salah satunya, dengan memberikan pembekalan terkait pemetaan mutu pendidikan terhadap 150 lembaga PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) yang belum memiliki akreditasi.

“Pembekalan ini sebagai upaya kami melakukan pendampingan kepada lembaga PAUD dan Dikmas demi menyambut penilaian akreditasi. Dengan demikian, mereka memahami hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan,” kata Kepala Bidang (Kabid) PAUD-Dikmas Disdik Depok, Tatik Wijayati di Balai Kota, Kamis (25/07/2019).

Dikatakannya, dalam pembekalan tersebut, para peserta mendapatkan materi dari Pusat Pengembangan (PP) PAUD-Dikmas Provinsi Jawa Barat. Materi yang diajarkan terkait kebijakan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas tentang penjaminan mutu satuan pendidikan dan supervisi.

“Termasuk kami juga memberikan edukasi kebijakan Disdik Depok tentang mekanisme akreditasi satuan PAUD dan Dikmas,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pemateri, Agus selaku tim pelaksana PAUD-Dikmas Jawa Barat menjelaskan, ada sejumlah alur pelaksanaan supervisi PAUD dan Dikmas 2019. Biasanya yang akan dilakukan adalah monitoring, evaluasi, dan pembinaan kembali.

“Pendampingan ini untuk memastikan peserta memahami delapan standar mutu pendidikan. Mulai dari kompetensi lulusan, isi, proses, pembiayaan, atau sarana dan prasarana (sarpras),” pungkasnya.

Ratusan perwakilan Lembaga PAUD dan Dikmas di Depok diberikan pembekalan untuk meningkatan mutu pendidikan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (Foto : Pipin/Diskominfo)

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :