Kunjungan sekolah SD Lazuardi ke Markas PMI Kota Depok di Jalan Boulevard Raya Grand Depok City (GDC), Kamis (25/07/19). (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Upaya melakukan pengenalan kepalangmerahan, menjadi materi khusus yang diberi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok kepada tamu yang berkunjung ke markas PMI di kawasan GDC Depok. Termasuk kepada para siswa Sekolah Dasar (SD) Lazuardi, yang dikenalkan cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

“Kami sering kedatangan tamu dari sekolah-sekolah yang ingin belajar terkait kepalangmerahan, juga pertolongan pertama. Kami rasa, ini perlu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa sosial terhadap sesama,” ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi PMI Kota Depok, Imron Maulana, di ruang kerjanya, Kamis (25/07/2019).

Dikatakannya, saat ini setiap sekolah terdapat bidang studi pembentukan atau pengembangan karakter. Kunjungan ini bisa menjadi wadah bagi siswa untuk menumbuhkembangkan jiwa sosial.

“Kami memiliki staf yang berpengalaman, yang bisa memberikan materi sedetail mungkin tentang kepalangmerahan. Ini juga menjadi sarana kami untuk melakukan sosialisasi tentang tugas dan fungsi PMI,” katanya.

Dirinya berharap, melalui materi dan praktik langsung di lapangan, siswa bisa mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari jika terjadi kegawatdaruratan. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi siswa untuk bergabung menjadi tim relawan, jika sudah besar nanti.

“Sudah banyak yang berminat menjadi relawan, tetapi kan mereka belum cukup umur. Namun, kami membuka kesempatan jika nanti mereka sudah besar. Mudah-mudahan ilmu yang kami beri bisa membawa manfaat,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :