Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Depok bukan hanya diisi dengan materi-materi tentang kepegawaian. Namun juga akan diadakan evaluasi terhadap peserta Latsar.

“Ujian atau evaluasi ini demi mendapatkan hasil yang optimal dari pelatihan yang diikuti selama 51 hari,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri kepada depok.go.id, Kamis (25/07/2019).

Dikatakannya, evaluasi difokuskan pada komponen pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai dasar Aparatur Sipil Negara (ASN). Mulai dari sikap, absensi kelas, ujian, dan aktualisasi.

Lebih lanjut, ucapnya, evaluasi sendiri dibedakan berdasarkan kurikulum. Dikatakannya, untuk pembelajaran di dalam kampus, evaluasi dilakukan melalui ujian.

“Soal-soal ujian Latsar CPNS berisikan tentang mata pelatihan yang telah dilaksanakan pada kegiatan sebelumnya,” jelasnya.

Sedangkan, sambungnya, untuk rancangan aktualisasi atau proposal skripsi diuji melalui seminar rancangan aktualisasi. Kemudian, CPNS memptaktikkan tugas tersebut di luar kampus selama 30 hari.

“Setelah itu, diujikan kembali melalui seminar aktualisasi atau formatnya seperti sidang skripsi,” pungkasnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :