workshop sampah2Sebagai implementasi terhadap kerjasama Pemerintah Kota Depok dengan Pemerintah Kota Osaki-Jepang tentang “Strengthening of Non Incineration Type Waste Disposal Technology Development and Transfer”, dengan melakukan serangkaian workshop dan pelatihan memilah dan mengolah sampah.
Dalam Kunjungan kerja terdebut tim dari Osaki Town Office Japan menghadiri serta memimpin langsung kegiatan Workshop Pengolahan Sampah Organik di Komunitas Maharaja yaitu Bank Sampah Ibu Marni dan Bank sampah Ibu Intan, Sabtu(24/8/2013).

Mr. Yamaguchi salah satu anggota tim Osaki Town Office Japan mempraktekan langsung memilah dan mengolah sampah organik dihadapan peserta yang diikuti oleh kelompok PKK, dan Karang Taruna di Kelurahan Pitara Kecamatan Pancoran Mas.

Bapak Agung perwakilan dari Pemerintah Kota Depok mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Pemerintah Kota Depok dan Pemerintah Kota Oshaki Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA). Kunjungan kerja itu sendiri adalah balasan atas kunjungan kerja Pemerintah Kota Depok beberapa waktu yang lalu.Kegiatan Workshop Pengolahan Sampah Organik ini juga terlaksana atas bantuan dana dari JICA.

Selain kegiatan Workshop, Kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Oshaki ini dilanjutkan dengan kunjungan ke Komunitas Ibu Wulan dimana dalam komunitas ini telah memiliki Kelompok Usaha Bersama (KUB) “Warga Peduli Lingkungan”.
Kelompok Usaha milik warga Kecamatan Pancoran ini adalah salah satu contoh Kelompok Masayarakat yang produktif dimana anggotanya dapat menjadikan sampah non organik menjadi barang bekas yang bermanfaat sebagai kerajinan tangan untuk usaha perumahan yang menghasilkan berbagai macam jenis kerajinan tangan, seperti Tas Kerja dari Plastik bekas kemasan dam lain lain.

Sesuai Visi dari KUB Warga Peduli Lingkungan Kecamatan Pancoran Mas yaitu, “Mengubah Sampah menjadi Rupiah dan berkah” untuk Misi nya antara lain, Menjadikan Industri Kreatif (Recycle), Menjadikan Tabungan Sampah yang Produktif, Sedekah dan Hibah Barang Bekas, Menjadi Sentra Pemilahan sampah, Melaksanakan Pengolahan Sampah Organik dan Menjadi Pusat Training dan Edukasi.
KUB Warga Peduli Lingkungan kini memiliki 38 Komunitas Peduli Lingkungan yang tersebar di wilayah Kecamatan Pancoran Mas dan beberapa di Kecamatan Sukmajaya.

Mr. Yamaguchi yang memimpin kunjungan kerja tersebut sangat terkesan puas dan merasa bangga bahwasanya Pemerintah Kota Depok telah memiliki dan berhasil membina Kelompok Usaha Masyarakat yang khusus menangani sampah. Menurut Mr. Yamaguchi melalui Juru bicaranya Sampah adalah permasalahan utama dari setiap Pemerintahan Kota, kalau tidak ditangani secara serius maka akan berdampak besar atas kemajuan sebuah Pemerintahan Kota.

KUB seperti ini perlu diberdayakan lagi sehingga dapat bersinergi dengan Pemerintah khususnya Pemerintah Kota Depok, dan dengan semakin banyak Komunitas ini berdiri di Kota Depok maka bukan suatu hal yang tidak mungkin dalam jangka panjang Pemerintah Kota Depok akan dapat mengatasi masalah sampah tanpa perlu lagi adanya Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPA) karena semua warganya peduli dengan sampah sama halnya seperti masyarakat Kota Oshaki Jepang yang Kotanya dikenal dengan Kota Bebas Sampah Nomor Satu di Asia.

Foto Terkait:

workshop sampah3

workshop sampah1

Bagikan post melalui :