depok.go.id – TP PKK Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari berhasil maju ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Keberhasilan yang diraih yaitu dengan mengikuti lima perlombaan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Bulan Bhakti Gotong royong (BBGRM). Lomba tersebut meliputi Tertib Administrasi PKK, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Pemanfaatan Halaman Pekarangan, Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), dan terakhir Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

“Alhamdulillah kami berhasil masuk nominasi di tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujar Ketua TP PKK Pondok Petir, Titi Nurmalasari.

Sebelum melaju ke tingkat Provinsi, TP PKK Pondok Petir merupakan juara di tingat Kota Depok. Untuk tingkat kota, Pondok Petir meraih rangking 1 dengan melalui tahapan sembilan jenis lomba. Sembilan jenis lomba tersebut meliputi lomba Adm. (administrasi) Sekretariat, Adm. Pokja I, Adm. Pokja II, Adm. Pokja III, Adm. Pokja IV, Ekspose Ketua TP PKK Kelurahan, PKDRT, UP2k PKK, dan Hatinya PKK.

“Namun, penilaian di tingkat provinsi lebih sedikit dibandingkan tingkat Kota. Hanya lima saja yang dilombakan, yaitu PKDRT, UP2K, meliputi Tertib Administrasi PKK, Hatinya PKK dan TOGA,” jelasnya.

Titi mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan buah dari kesungguhan dan kerja keras para Kader, sehingga dapat mengharumkan nama Depok dan menjadi inspirator serta mampu memberikan motivasi untuk TP PKK lainnya. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Kader ini juga untuk masyarakat dalam menjaga keutuhan keluarga serta mewujudkan program Pemerintah Kota, yaitu ketahanan keluarga.

“Apresiasi pantas disematkan kepada para Kader dan juga pihak masyarakat yang memberikan dukungan. Tak lupa kami juga meminta dukungan kepada Pemerintah Kota agar kami berhasil di tingkat Provinsi ini,” tambah Titi.

Sementara itu, Wakil Ketua 3 TP PKK Provinsi Jawa Barat Erti Ridwan mengungkapkan dengan melalui monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilaksanakan di Pondok Petir, tim hanya ingin mengetahui sejauh mana TP PKK dapat mengimplementasikan 10 Program Pokok PKK.

“Tak hanya itu, perkembangan dan kendalanya pun kami tindak lebih lanjut, guna mengetahui hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015 apakah dilaksanakan atau belum di sini,” jelas Erti.

Terakhir,  dirinya pun berharap dari hasil penilaian ini akan membuahkan hasil yang baik dan mampu terealisasikan lebih jauh lagi.

“Tentunya mampu mengantarkan TP PKK Pondok Petir untuk menjadi juara di tingkat Provinsi nantinya,” pungkasnya.

Penulis: Meida/ Rysko

Editor: Siti Rahma

Diskominfo

Bagikan post melalui :