depok.go.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, akan memberikan bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada pengurus Rukun Tetangga (RT) di lingkungan padat penduduk. Pemberian bantuan ini, untuk memaksimalkan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) secara swadaya di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, pemberian APAR direncanakan akan diberikan pada 8 RT di wilayah Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung. Ke-8 RT tersebut merupakan daerah yang terisolasi atau daerah yang sulit dijangkau oleh pelayanan Dinas Damkar dan Penyelamatan. Adapun jumlah APAR yang diberikan ke setiap RT, sebanyak 10 unit per RT.

“Barangnya diletakkan di RT, dan kelak akan dijadikan inventaris Dinas Damkar dan Penyelamatan. Setiap tahunnya akan kami cek kuantitas dan kualitasnya,” ujar Gandara, dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (25/09/2018).

Dia juga menambahkan, jika bantuan ini bukan merupakan bantuan hibah. Sebab, kalau bersifat hibah, di kemudian hari bisa saja bantuan itu tidak terawat atau hilang. Untuk meminimalisir hal tersebut, maka bantuan berupa APAR itu tidak dihibahkan.

“Untuk peletakannya diberikan kewenangan langsung kepada para ketua RT, yang penting barang itu aman, tidak hilang, dan mudah dipergunakan kalau ada kejadian kebakaran,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :