TP PKK Tanah Datar saat melakukan kunjungan ke Kota Depok. (istimewa)

depok.go.id – Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukamajaya, mendapatkan kunjungan kerja (kunker) dari Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Kedatangan rombongan tersebut, untuk mempelajari berbagai macam inovasi yang dilakukan Kelurahan Mekarjaya terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

“Sebuah kebanggaan bagi kami mendapat kunjungan dari daerah lain. Dipilihnya Mekarjaya tidak terlepas dari raihan positif sebagai juara pertama dalam Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017,” kata Ketua TP PKK Kelurahan Mekarjaya, Anis Ayu Wulandari di Balai Kota, belum lama ini.

Dikatakannya, kemenangan yang diraih Kelurahan Mekarjaya tidak terlepas dari berbagai macam inovasi terkait penerapan PHBS, penghijauan, biopori, rumah sehat, pemahaman kader dan RT/RW terhadap program kesehatan. Di antara inovasi yang dilakukan Mekarjaya, adalah pengelolaan sampah organik dengan memanfaatkan maggot (larva pengurai sampah) dan menanam dengan sistem akuaponik.

“Kita juga membuat dua lagu yang bertemakan tentang LBS. Saat dinilai, hal ini, ternyata menjadi poin tambahan bagi kami. Inovasi-inovasi sederhana tersebut, yang kita paparkan kepada kader-kader TP PKK Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Sementara itu, Emi Irdinansyah selaku Ketua TP PKK Tanah Datar Sumbar mengaku, takjub dengan inovasi yang diterapkan di Mekarjaya. Meskipun sederhana, imbuhnya, berbagai terobosan tersebut berdampak positif terhadap perbaikan lingkungan.

“Warga Kelurahan Mekarjaya diwajibkan menanam tiga tanaman obat keluarga (toga) seperti jahe, lengkuas, dan kunyit. Meskipun sederhana, tetapi ternyata hal ini sangat bermanfaat,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :