depok.go.id – Upaya mendeteksi penyakit Tuberculosis (TB) di tengah masyarakat, tidak cukup hanya dengan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Melalui kader TB, Kecamatan Sawangan mengaktifkan gerakan ketuk pintuk guna mendeteksi dini dugaan penyakit TB di masyarakat.

Camat Sawangan, Zaenuddin mengatakan, untuk penanganan penyakit TB, karena terbilang penyakit menular, pihaknya lebih fokus terhadap lingkungan sekitar. Serta tak lupa menerapkan PHBS dengan didasari semangat lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Dikarenakan penyakit menular TB bersumber dari bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita yang bersarang dalam paru-paru, untuk itu para kader TB harus terus menerus mensosialisasikan ke masyarakat dan ketuk pintu untuk mendapatkan suspect TB,” ujar Zaenuddin, usai membuka Sosialisasi Penanggulangan Penyakit Menular Sekaligus Pelaksanaan Penjaringan Suspect TB di Aula Kecamatan Sawangan, Selasa
(25/09/2018).

Kepala Puskesmas Kedaung, Tuti Suhartini mengaku, selalu berkunjung ke setiap kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Sawangan. Tidak hanya untuk memantau kesehatan pada masyarakat, melainkan juga melakukan sosialisasi mengenai penyakit menular, terutama yang terduga terkena TB.

“Kita selaku pihak Puskesmas ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Sosialisasi ke setiap kelurahan, bertujuan untuk mencegah masyarakat Kecamatan Sawangan bebas dari suspect TB yang dapat menimbulkan dampak negatif. Baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat sekitar tempat tinggal,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :