Disperindag Bekali 30 Warga Depok Dengan Pelatihan Service Mesin Jahitdepok.go.id – Usaha konveksi merupakan usaha yang sangat maju sesuai dengan perkembangan zaman. Semakin majunya usaha konveksi tersebut dan bertambahnya volume pemakaian mesin jahit di Kota Depok, tentunya sangat membuka peluang terhadap usaha baru bidang servis mesin jahit.

“Kami berupaya membekali masyarakat Depok yang belum memiliki pekerjaan dengan bekal keterampilan servis mesin jahit,” ujar Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Kota Depok, Catur Sri Astuti.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 30 peserta yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing kelompok berisikan 10 peserta. Para peserta ini dibimbing oleh para narasumber dan instruktur yang berasal dari LPK Labi-labi dengan difasilitasi mesin jahit yang bisa dibongkar pasang oleh para peserta.

Selain itu, pelatihan ini dimaksudkan agar peserta dapat membuka usaha di bidang servis mesin jahit, sehingga dapat menekan angka pengangguran di Kota Depok dan diharapkan dapat menunjang produktivitas pelaku fashion dan garmen agar secara mandiri dapat mengatasi permasalahan mesin jahit yang ditemui

“Mudah-mudahan bisa diambil ilmu yang sudah diajarkan oleh para instruktur sehingga bisa membuka peluang kerja dengan membuka usaha sendiri atau bekerja di tempat servis mesin jahit yang sudah ada,” imbuh Catur.

Adapun materi yang diberikan antara lain pengenalan komponen mesin jahit serta cara bongkar pasang komponen, mengenal masalah-masalah dalam mesin jahit, seperti hasil jahitan loncat, benang atas mudah putus, dan benang bobbin atau benang bawah mudah putus. Para peserta tampak antusias saat praktek memperbaiki mesin jahit setelah menerima materi dari para narasumber. (Nurul Hasanah/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :