depok.go.id – Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan indikator sederhana dari hubungan antara tinggi badan dan berat badan seseorang hingga dapat dikatakan normal atau ideal. Mendapatkan tubuh yang ideal, perlu diterapkan pola makan yang seimbang agar tidak terjadi kelebihan berat badan atau kerap disebut obesitas.

“Menu dan pola makan kita harus diperhatikan agar gizi dalam tubuh tetap seimbang dan tidak terjadi obesitas yang cukup besar,” tutur Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Eti Rohati saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/01/2016).

Dirinya mengungkapkan bahwa pola makan seimbang yang harus diterapkan tersebut antara lain dengan menyesuaikan asupan makanan berupa protein, karbohidrat, dan mineral sesuai dengan postur tubuh dan umur seseorang. Hal tersebut dilakukan karena seseorang dengan tubuh yang kurus, gemuk, banyak gerak, atau sebagian waktunya untuk berdiam diri ini komposisi makanannya sangat berbeda.

Selain itu, untuk makanan yang mengandung lemak dan kolesterol harus dihindari. Makanan tersebut akan menimbun banyak lemak dalam tubuh dan menyebabkan tubuh dapat mudah terkena obesitas.

“Agar tidak kelebihan berat badan dan mencapai tubuh ideal harus memperhatikan asupan makanan dengan pola makanan yang seimbang,” tutup Eti. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :