foto pemanfaatan limbahUntuk mengurangi pencemaran lingkungan tempat tinggal, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok akan melaksanakan pengolahan air limbah. Air limbah rumah tangga tersebut nantinya akan dikelola dengan menggunakan lahan basah buatan.

Lahan basah buatan merupakan sistem pengolahan limbah yang paling tepat untuk limbah pemukiman. “Pengolahan ini sangat efektif dan bangunannya sangat kokoh. Selain hemat energi, pengolahan ini juga lebih murah dibandingkan dengan sistem konvensional,” tutur Plt BLH Kania Parwanti saat ditemui di Wisma Hijau, Rabu (26/02/2014).

Prinsip kerja lahan basah yaitu tanaman air dalam kolam oksidasi akan membentuk komunitas ekologis bersama mikroba dan jasad renik perairan lainnya. Suplai oksigen untuk aktivitas mikroba didapatkan dari keseimbangan ekosistem yaitu tumbuhan air. Tumbuhan air dianggap sebagai salah satu cara yang efektid dalam menetralisir perairan yang tercemar karena berfungsi sebagai stabilisator perairan, mudah didapat dan murah.

Mantan Plt Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok ini juga menambahkan bahwa pengolahan dengan lahan basah buatan dapat bermanfaat dan menguntungkan untuk makhluk hidup sesama. “Lahan basah buatan tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pemeliharaan sehingga tidak merusak tanaman disekitarnya. Selain itu berdampak positif pada aspek hidrologi lokal, absorpsi, dan mampu mengisi ulang air tanah,” tutup Kania. (Indri/Diskominfo)

Bagikan post melalui :