forum opd blhBadan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok mengadakan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Wisma Hijau Cimanggis Depok, Rabu (26/02/2014). Forum ini menghadirkan pembicara Ir. Diana Hendrawan sebagai ahli pengelolaan air limbah, OPD terkait,  perwakilan dari kecamatan dan kelurahan, komunitas hijau Kota Depok, serta LSM se-Kota Depok.

Salah satu program yang ingin dicapai BLH adalah  menyukseskan program Millenium Development Goals (MDGs) untuk tahun 2015 di bidang pengelolaan lingkungan. MDGs yaitu menjamin keberlanjutan lingkungan, antara lain dengan mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam kebijakan dan program-program secara nasional, mengurangi perusakan sumber daya alam, memenuhi akses kepada air bersih pada setengah jumlah penduduk yang memperoleh.

“Sasaran MDGs nantinya berupa peningkatan akses sanitasi kepada separuh dari penduduk yang belum terlayani,” tutur Plt Kepala BLH Kania Parwanti.

Menurutnya permasalahan tersebut masih sering ditemui di lokasi perkotaan, diantaranya penumpukan sampah, air limbah, belum terdapatnya drainase, dan tidak adanya air bersih. Selain itu, BLH juga akan melakukan pengelolaan air limbah domestik, baik yang berasal dari industri maupun limbah rumah tangga. Sehingga diharapkan lingkungan sekitar tempat tinggal tidak tercemar dan tidak mudah terjangkit penyakit.

“Dengan adanya pengelolaan ini, semoga banyak masyarakat yang memahami dan mulai memanfaatkan air limbah untuk kebutuhan rumah tangga,” tutup mantan Plt Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok tersebut. (Indri/Diskominfo)

Bagikan post melalui :