IMG_0929

Penyakit HIV/AIDS adalah momok penyakit yang mempunyai resiko kematian yang tinggi. HIV (Human Immunedeficiency Virus) merupakan jenis virus yang menyebabkan AIDS. Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan kumpulan tanda dan gejala penyakit akibat hilangnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga, penderita tidak mempunyai kekebalan terhadap berbagai penyakit.

Sadar akan bahaya HIV/AIDS dapat menyerang siapa saja, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Komisi Penanggulangan AIDS Kota Depok di Aula Lantai 5 Balaikota Depok, Kamis (26/02/15) siang tadi.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Depok, Nur Mahmudi isma’il, Kepala Dinkes Kota Depok, Noerzamanti Lies, Pimpinan OPD, Perwakilan Kepolisian, Pimpinan Organisasi Profesi Kemasyarakatan, LSM, serta perwakilan dari PKK.

Rakor ini bertujuan untuk menyamakan sikap dan tindakan, baik dari OPD terkait maupun dari stakeholder dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS di Kota Depok. Sehingga, diharapkan akan tergali informasi-informasi serta bagaimana upaya  penanggulangan HIV/AIDS yang baik di Kota Depok.

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan rakor ini sangat penting dilaksanakan karena merupakan bagian dari kondisi kesehatan sebuah wilayah, hampir semua wilayah sulit menyatakan bebas dari HIV/AIDS. Kesalahan memilih pasangan yang sudah terlanjur mengidap penyakit mematikan ini, merupakan salah satu faktor utama.

“Sebelum nikah harusnya kita berani bertanya apakah calon kita mengidap AIDS atau tidak. Faktor terlanjur cinta ini yang membuat problem AIDS susah dikendalikan,” ujar pria kelahiran Kediri itu.

Dirinya juga menambahkan, Dinkes harus bisa menciptakan program yang dapat mencegah meluasnya HIV/AIDS di 2016 dalam perencanaan yang matang. Dapat berlandaskan pada program yang belum terselenggara pada tahun 2014 dan belum sempurnanya program di 2015 yang terdaftar.

Menyikapi hal tersebut, Kadinkes akan mengkaji upaya-upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS di Depok.

“Kami bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) akan bekerja secara maksimal dalam upaya pemberantasan penyakit menular ini hingga ke akar-akarnya,” tutur Lies. (Nita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :