IMG_9721

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok memberikan fasilitas pos ukur ulang di Pasar Cisalak, Depok, Kamis (26/02/2015). Tindakan tersebut dilakukan sebagai bentuk koreksi para pembeli yang ingin meyakinkan kembali apakah timbangan mereka sudah benar atau belum.

“Ini merupakan salah satu kegiatan kami dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang berbelanja karena, banyak ditemui kecurangan dalam penimbangan barang,” tutur Kepala Seksi Kemetrologian Disperindag Kota Depok, Oki Rakhmat.

Saat ini, Disperindag telah memiliki 9 pos ukur yang nantinya akan diletakkan di masing-masing pasar yang ada di Kota Depok. Sehingga, masyarakat dapat menggunakannya pada setiap pasar yang mereka datangi.

“Kami masih memberikan sosialisasi mengenai penggunaan mesin ini, jika masyarakat sudah mengerti, kami akan minta kepada pihak pasar untuk menyediakan lahan sebagai tempat pos ukur,” tambahnya.

Sementara, Wakil Walikota Depok mengatakan bahwa adanya alat ukur ini merupakan bentuk aplikasi dari arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait kegiatan metreologi tera. Kegiatan ini sebagai tindakan pemeriksaan, monitoring, serta pengawasan timbangan di pasar-pasar.

“Dengan alat ini, pedagang tidak lagi akan melakukan tindak kecurangan dalam timbangan,” ujar Wakil Walikota kelahiran Jakarta tersebut. (Indri/Diskominfo)

 

Bagikan post melalui :