siswa siswi SLBN Kota depok

Murid SLBN Kota Depok menunjukkan prakarya buatan mereka. (Foto: Nurul/ Diskominfo)

depok.go.id – Kreasi hebat lahir dari anak-anak berbakat. Meski mereka memiliki keterbatasan, namun tak menyurutkan semangatnya untuk berkreasi dan berinovasi. Para siswa dan siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Depok sukses membuat berbagai kerajinan menarik.

Uniknya, mereka memanfaatkan limbah daur ulang seperti bungkus kopi dan juga koran. Guru SLB Negeri Depok, Erna Wahjati mengatakan tidak sulit bagi anak-anak tersebut membuat prakarya.

“Mereka membuat asbak dari kertas koran. Ada siswa penyandang tuna grahita ringan dan juga tuna rungu yang membuatnya. Kalau tuna grahita mereka kedapatan tugas membuat lintingan kertas. Sedangkan untuk menggambar pola dan menggunting dilakukan siswa lain yang penyandang tuna rungu,” ujarnya.

Ia menjelaskan jika setiap Senin hingga Sabtu pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB, para siswa menyempatkan diri membuat kerajinan.Tentunya di sela-sela jam pelajaran wajib.

“Mereka sangat bersemangat membuat kerajinan tangan yang kami ajarkan,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa bahan-bahan yang digunakannya pun dipilih dari bahan bekas limbah dan yang tidak terpakai. Misalnya bungkus kopi dijadikan tas. Ada juga botol minum dijadikan tempat celengan cantik.

“Kertas koran pun bisa dijadikan wadah atau mangkok yang cantik,” kata Erna.

Hasil karya para siswanya tersebut, lanjutnya, pernah dipamerkan ke sejumlah wilayah, seperti ikut pameran di Bandung. Sedangkan, barang-barang yang dipamerkan hasilnya akan diberikan langsung ke siswa. (Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :