Kepala DKPPP Kota Depok tengah memberi pemaparan Rencana Kerja DKPPP Depok untuk tahun 2020 mendatang. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, memiliki enam rencana program pembangunan untuk dilaksanakan pada tahun 2020. Guna mewujudkan keenam program prioritas tersebut, DKPPP Depok menurunkannya menjadi 44 kegiatan.

Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, keenam rencana program tahun 2020 yaitu peningkatan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura, produksi perikanan, produksi peternakan, dan pemasaran produk pangan. Selain itu, imbuhnya, pencegahan dan penanggulangan penyakit hewan menular serta mewujudkan penganekaragaman dan keamanan pangan.

“Tujuan dari enam program prioritas tersebut, adalah untuk mengembangkan ekonomi yang mandiri, kokoh, dan berkeadilan. Tujuan ini termaktub dalam misi Kota Depok poin ketiga,” kata Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah, kepada depok.go.id, Selasa (26/02/2019).

Diah merinci, keenam program prioritas tadi dijabarkannya ke dalam 44 macam kegiatan. Misalkan pada penganekaragaman dan keamanan pangan, ada tujuh macam kegiatan. Di antaranya pengujian keamanan produk tanaman pangan dan hortikultura, gerakan konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), dan gerakan konsumsi makan ikan.

“Untuk peningkatan produksi perikanan, kami akan menggelar pelatihan produksi perikanan dengan target 100 orang, pengadaan sarana-prasarana (sarpras) kawasan ikan hias sebanyak tiga jenis untuk 10 Pokdakan, dan pengembangan teknologi perikanan,” lanjutnya.

Pada tahun 2020 nanti, DKPPP Kota Depok juga memiliki sejumlah kegiatan yang merupakan hasil Musrenbang Tingkat Kelurahan. Di antaranya, peningkatan sarpras perikanan dan pelatihan produksi ikan di Kelurahan Harjamukti, peningkatan produksi peternakan di Kelurahan Limo, dan peningkatan produktivitas tanaman pangan di Kelurahan Jatijajar.

“Dengan serangkaian kegiatan ini, mudah-mudahan dapat terlaksana dengan baik. Saya juga meminta kerja sama dari berbagai pihak terkait, agar target yang dicanangkan dapat kita capai bersama-sama,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :