DPRD Kota Payakumbuh saat melakukan kunker ke Diskominfo Kota Depok di lantai 7, gedung Dibaleka II, Selasa (26/02/19). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Depok. Kunker tersebut dilakukan guna mengetahui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Smart City yang sedang dimatangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Suparman mengatakan, saat ini pihaknya sedang membahas Raperda Penyelengaraan Pemerintah Berbasis Elektronik. Untuk itu, dibutuhkan masukan dan informasi guna menyempurnakan Raperda tersebut.

“Sekarang Pemkot Depok juga sedang membuat Raperda Smart City, maka kami memutuskan untuk kunker ke sini guna menjadikan sebagai bahan perbandingan. Sebab, dalam Raperda yang sedang kami rancang ini sebagian besar terkait Smart City juga,” tutur Suparman kepada depok.go.id, usai kunker ke Diskominfo Kota Depok di lantai 7, Gedung Dibaleka II, Selasa (26/02/19).

Suparman mengatakan, Kota Payakumbuh juga sudah mulai menerapkan program Smart City. Baik dalam pemerintahan hingga pelayanan publik.

“Saat ini kami sudah mengembangkan beberapa aplikasi seperti e-planning, e-musrenbang, e-pokir, e-sppd, dan taman digital,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Kota Depok, Tinte Rosmiati menuturkan, penerapan program Smart City di Kota Depok sudah mulai dirintis sejak tahun 2015. Hingga saat ini, sebagian besar pelayanan publik di Kota Depok telah terintegrasi dengan aplikasi.

“Kami juga sedang mempersiapkan Raperda Smart City untuk mengakselerasi pemahaman dari seluruh pihak terkait (stakeholder). Insya Allah, bulan April akan dibahas dengan Panitia Khusus (Pansus) DPRD,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :