workshop kesehatan

Iustrasi pelatihan PHBS. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Upaya mempercepat terwujudnya rumah tangga sehat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melatih 78 petugas untuk membantu dalam pendataan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan warga dengan mengacu kepada 10 indikator yang ada.

“Walaupun mereka sudah tahu cara ngisi nilai PHBS, namun kami ingin memberikan penyegaran kembali kepada mereka dalam pengisian penilaian PHBS di tahun 2017 ini,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, May Haryanti, Rabu (26/04/2017).

Dirinya menyebutkan, 78 petugas itu di antaranya berasal dari masing-masing kelurahan, kecamatan, dan Kelompok Kerja (Pokja) 4 TP PKK Kota Depok.

Menurutnya, tujuan dari pelatihan adalah agar para kader dapat menggerakkan dan melakukan proses pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan termasuk PHBS, khususnya PHBS rumah tangga. Setidaknya ada 10 indikator yang dinilai antara lain, tidak merokok, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif, imunisasi, balita ditimbang, sarapan pagi, makan buah dan sayur, cuci tangan, gosok gigi, dan rajin olahraga.

“Jadi nanti kader ini yang akan mendata masyarakat, apakah sudah memenuhi 10 indikator PHBS rumah tangga atau belum,” tambahnya.

Ia berharap dengan diberikan pelatihan ini, kegiatan pendataan PHBS tahun ini bisa terlaksana dengan baik, sehingga nantinya Dinkes akan mendapatkan data yang akurat terkait angka PHBS masyarakat di Kota Depok.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :