depok.go.id-Pasar Tani dan Pameran Produk Perikanan yang diselengarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok disambut antusias para petani. Pasalnya, melalui event yang diselenggarakan hingga 27 April 2018, petani memiliki kesempatan untuk mengenalkan dan memasarkan produknya lebih luas lagi.

Seperti yang dirasakan Ketua Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Berkah Bersama Kecamatan Sawangan, Reinanta Anindya Wardana. Menurutnya, pameran tersebut memiliki dampak positif terhadap penjualan produk petani. Bahkan, sejak dibuka hari pertama, omzetnya sudah mencapai satu juta rupiah.

“Produk dari kelompok kami adalah tahu baso tuna, yang kita jual Rp 15 ribu. Alhamdulillah, di hari pertama saja terjual sekitar 107 pack, saya menyiapkan barang sekitar 600 untuk stok penjualan di kegiatan ini,” ujarnya, kepada depok.go.id, di Balai Kota, Jumat (26/04/2019).

Diakuinya, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok cukup konsen dalam memberikan bantuan dan pembinaan kepada kelompoknya. Karena itu, dirinya sangat mendukung sekaligus berterima kasih, telah diberikan kesempatan untuk menjajakan produknya.

“Manfaat lain dari kegiatan ini, kita juga bisa menambah jangkauan
pembeli, serta mendapatkan tambahan distributor atau reseller,”
katanya.

Saminah dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Tapos juga merasakan manfaat yang besar dari kegiatan tersebut. Pasalnya, berbagai produk olahan hasil kreasi kelompoknya bisa dikenalkan lebih luas. Seperti telur asin, sambal, olahan keripik singkong dan pisang.

“Biasanya kita mengandalkan penjualan dengan menitip di sejumlah toko. Namun, dengan adanya bazar atau pameran, produk-produk kita juga menjadi dikenal banyak orang, dan potensi terjualnya pun besar,”
ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :