Diskominfo Kota Depok saat mengadakan Bimtek aplikasi Simpatik dan Helpdesk Layanan Aptika di lantai 6, Gedung Dibaleka II, Rabu (26/06/19). (Foto: Istimewa).

depok.go.id-Guna mempermudah pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok akan meluncurkan aplikasi Sistem Pengelolaan TIK (Simpatik). Rencananya aplikasi Simpatik mulai diluncurkan awal Juli 2019.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo Kota Depok, Shandy Syamsurizal Kriestiyadie mengatakan, pengadaan aplikasi Simpatik merupakan implementasi  dari Peraturan Wali Kota Depok (Perwal) Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pedoman Elektronik Government Dalam Penyelenggaraan Pemkot Depok. Di mana, setiap Perangkat Daerah (PD) yang ingin mengajukan anggaran pengerjaan pembuatan aplikasi harus berdasarkan rekomendasi dari Diskominfo Kota Depok terlebih dahulu.

“Untuk itu, aplikasi Simpatik mulai kita kembangkan sejak tahun 2018 untuk memudahkan PD yang akan mengajukan surat permohonan rekomendasi. Rencananya aplikasi ini diluncurkan minggu depan,” tutur Shandy, Rabu (26/06/2019).

Shandy menjelaskan, aplikasi Simpatik menyediakan berbagai pelayanan TIK. Sehingga setiap PD yang ingin mengajukan permohonan rekomendasi terkait TIK dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

“Intinya proses layanan TIK kita otomasi dengan aplikasi ini. Misalnya, ada dinas yang ingin mengajukan permohonan rekomendasi untuk membuat aplikasi, tidak perlu membawa dokumen ke kita. Tetapi, bisa mengunduh lewat aplikasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, sebelum diluncurkan, pihaknya telah menyosialisasikan kepada para operator pengelola aplikasi yang ada di setiap PD. Tujuannya, agar dapat dioperasikan saat difungsikan nanti.

“Sosialisasi sudah kita adakan sejak tanggal 25-26 Juni. Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi Simpatik bisa memudahkan bagi teman-teman di setiap dinas terkait dengan layanan TIK,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :