Sejumlah penari dari Depok menampilkan Tari Godek Ayu, yang merupakan tarian khas dari Kota Depok. (Bima/Diskominfo).

depok.go.id-Selama kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), warga Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) tidak hanya dihibur dengan pawai budaya. Sebanyak 98 kota se-Indonesia yang hadir, juga turut berkontribusi memeriahkan panggung hiburan. Termasuk Kota Depok yang menampilkan tarian khas Depok dan Silat Betawi.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pemuda, Olah raga, kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Yelis Rosdiana menuturkan, atraksi dari Depok melibatkan dua pesilat Lembaga Usaha Melestarikan Budaya Seni Kota (LUMBUK) Depok dan delapan penari dari Ayodya Pala.

“Temanya masih sama seperti saat pawai budaya. Yaitu kreasi seni yang memadukan kebudayaan Sunda dan Betawi,” katanya, kepada depok.go.id, Kamis (26/07/2018).

Dikatakannya, aksi pencak silat sendiri dikolaborasikan dengan musik gendang panca. Adapun tarian, pihaknya menampilkan Tarian Goyang Ngamprok dan Godek Ayu, yang sudah menjadi ciri khas Kota Depok.

Ditemui usai pertunjukan, Koordinator Penari Depok, Salma Saraswati mengaku, bangga bisa memperkenalkan kebudayaan asli Kota Depok kepada daerah lainnya. Dirinya berharap, kegiatan semacam ini menjadi agenda rutin karena dirasakan manfaatnya yang cukup besar.

“Alhamdulillah, animo yang ditunjukkan warga Tarakan sangat besar. Saya berharap, ke depan ada kesempatan yang lebih banyak lagi untuk mengenalkan tarian yang diciptakan oleh warga Depok sendiri,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :