Kepala Puskesmas Ratujaya saat memberikan sosialisasi kriteria rumah sehat di lokasi P2WKSS, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kamis (26/07/18).

depok.go.id-Sebuah rumah dikatakan sehat bila memenuhi kebutuhan fisiologis, psikologis dan mampu mencegah penularan penyakit, sehingga seluruh anggota keluarga dapat bekerja secara produktif. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada lima langkah yang harus dipenuhi masyarakat, agar rumah sehat dapat terwujud.

“Lima langkah awal menuju rumah sehat antara lain, membersihkan rumah minimal dua kali sehari, membuka jendela saat pagi hari, membuang sampah pada tempatnya, menguras dan menutup bak mandi atau sumber air bersih serta tidak merokok di dalam rumah,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, di sela kegiatan sosialisasi rumah sehat di P2WKSS, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kamis (26/07/18).

Dikatakannya, sebuah rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlindung atau bernanung untuk istirahat saja. Di balik itu semua, Opi, sapaannya, menyebut harus ada keselarasan dengan kriteria rumah sehat, agar menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rohani maupun sosial budaya.

“Setiap masyarakat harus berupaya mewujudkan kriteria rumah sehat. Untuk itu, berbagai informasi juga kami sampaikan kepada masyarakat dalam setiap kesempatan. Hunian yang ideal memiliki ventilasi yang cukup, sehingga ada sirkulasi udara dan cahaya yang masuk,” ucapnya.

Dirinya berharap, sosialisasi dan informasi yang disampaikan, bisa diterima dan diaplikasikan ke dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Selain informasi terkait rumah sehat, kami juga kerap mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :