pembuang sampah

Pembuang sampah liar tertangkap tangan Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Depok, Kusumo

depok.go.id – Bentuk ketegasan Pemkot Depok untuk menjaga kebersihan, melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok terus melakukan operasi penangkapan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Untuk tahun ini, DKP mengklaim telah menangkap 109 warga yang kedapatan tangan membuang sampah sembarangan.

“Untuk tahun ini sudah 109 yang tertangkap dan 28 orang sudah ditetapkan denda oleh Pengadilan Negeri Depok,” ujar Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Depok, Kusumo.

Kusumo melanjutkan, untuk hukuman denda yang akan dilimpahkan kepada para pelaku itu tergantung dari keputusan pengadilan, pihak DKP tidak memberikan intervensi mengenai besarnya denda. Selain itu, juga hukuman akan dibedakan bagi pelaku yang tertangkap tangan dua kali membuang sampah.

“Tapi hingga saat ini belum ada pelaku yang tertangkap sampai dua kali,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan bahwa titik yang selama ini dilakukan pengawasan yaitu Jalan Raya Citayam, Jalan Raya Bogor, Kavling Adhikarya, Jalan Raya Akses UI, Harjamukti pinggir jalan tol, dan  Jalan Raya sawangan.

Perlu diketahui bahwa operasi penangkapan ini sudah dilakukan oleh DKP sejak tahun lalu untuk mewujudkan Depok sebagai Kota yang Bersih dan Hijau. DKP saat ini telah memiliki tim khusus Buser yang bertugas memantau titik-titik yang biasanya digunakan untuk membuang sampah sembarangan.

“Hingga kini tim Buser tersebut masih terus berjalan dalam menangkap langsung pembuang sampah liar dengan berkeliling Depok. Melalui aksi ini diharapkan bisa memberikan efek jera kepada para pembuang sampah sembarangan,” tutupnya.

Penulis: Rysko
Editor: Siti Rahma/ Yulia Shoim
Diskominfo

Bagikan post melalui :