Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana. (Foto: Bima/diskominfo)

depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok terus mengupayakan pemenuhan hak-hak warga lanjut usia (lansia) di Kota Depok. Salah satunya, dengan melakukan sinergi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait serta komunitas lansia yang ada di Kota Depok.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, sinergi terus dilakukan untuk pengoptimalan kegiatan yang berkaitan dengan lansia. Terlebih, penyelenggaraan Kota Ramah Lansia telah tertuang dalam Peraturan Wali Kota Depok Nomor 83 Tahun 2018.

“Sinergi ini agar ke depan penyelenggaraan Kota Ramah Lansia lebih optimal. Sinergi kita gelar selama 3 hari, hari pertama dengan para organisasi lansia, hari kedua dengan Pokja Lansia dan perwakilan PD baik dinas maupun kecamatan,” ujarnya usai menghadiri Sinergi Kota Ramah Lansia di Aula Teratai, Senin (26/08/2019).

Dirinya menjelaskan, dalam sinergi ini pula akan dilakukan sosialisasi Perwal Ramah Lansia. Sehingga para lansia mengetahui pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan lansia.

“Jadi, lansia itu memiliki hak dan kewajiban. Pemerintah kini mulai berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik dari sisi pelayanan dan juga fasilitas,” jelasnya.

Mantan Camat Bojongsari tersebut menambahkan, para organisasi lansia juga mendapatkan dana hibah dari Pemkot Depok. Termasuk, mendapatkan pelayanan khusus. Sehingga, para lansia nantinya dapat lebih produktif, meskipun di usianya yang sudah tidak muda lagi.

“5 persen dari total penduduk di Depok adalah lansia. Meskipun, jumlah lansia di Kota Depok masih terbilang sedikit, tetapi kita terus berupaya menciptakan sarana prasarana bagi lansia. Sampai nanti terwujudnya Kota Ramah Lansia pada 2020,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :