depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang rokok untuk mengetahui larangan merokok. Langkah tersebut dilakukan menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati mengatakan, lewat sejumlah kegiatan pihaknya terus mengingatkan masyarakat termasuk para pedagang untuk tidak menampilkan rokok secara langsung. Sebab, dalam penerapan Perda KTR tersebut, toko-toko diharapkan tidak menampilkannya agar dapat mengurangi keinginan membeli rokok bagi kalangan usia remaja dan anak-anak.

“Kami sudah memiliki Perda yang harus diimplementasikan, terlebih saat ini juga sudah keluar surat edaran larangan display penjualan dan mempromosikan rokok. Karena itu, semua pedagang harus menaati,” ucapnya kepada depok.go.id, Rabu (26/09).

Dikatakan Erna, sapaan akrabnya, pihaknya juga melakukan advokasi kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok untuk segera mengeluarkan surat edaran terkait display penjualan dan mempromosikan rokok. Selanjutnya, Satpol PP dapat melakukan penertiban ke seluruh pedagang terkait display rokok tersebut.

Terakhir, pihaknya berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan tersebut, pihaknya bersama semua pihak dapat menerapkan Perda KTR di Depok. Dengan begitu, dapat mengurangi bahaya asap rokok bagi masyarakat.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :