depok.go.id – Musim hujan kini sudah tiba. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menanggulangi bencana banjir. Terlebih bagi wilayah yang berada di dataran rendah dan rawan akan bencana yang kerap datang pada musim penghujan tersebut.

Berangkat dari permasalahan ini, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il akan mengajak seluruh masyarakat di Kota Depok untuk turut serta berupaya melakukan pencegahan banjir di Jakarta. Pasalnya, Depok merupakan salah satu wilayah yang aliran sungainya juga mengalir menuju daerah Ibu Kota Jakarta.

“Perlu diketahui bahwa ada 13 sungai yang airnya mengalir menuju ke Jakarta, dari Depok terdapat Sungai Cisadane, Ciliwung, dan Cikeas,” tuturnya saat mengikuti pembahasan mengenai penanggulangan banjir di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pemimpin Kota Belimbing tersebut menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan berbagai tindakan dalam meminimalisir terjadinya banjir. Adapun yang bisa dilakukan yaitu masyarakat di Kota Depok tidak boleh membuang air terlalu banyak ke sungai, tidak membuang sampah ke sungai, serta menahan air agar tidak cepat masuk ke daerah lain.

Selain itu, saat ini Depok juga memiliki 26 setu dan sumur imbuhan yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok. Semua itu mampu menampung debit air yang cukup besar, sehingga diharapkan mampu mengurangi jumlah air yang mengalir ke Jakarta.

“Semoga berbagai upaya yang kami lakukan dapat mengurangi banjir di ibu kota,” tutup mantan Menteri Kehutanan di Era Abdurrahman Wahid ini seraya berharap. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :