DPAPMK Kota Depok saat menggelar kegiatan pembekalan deteksi dini dan penanganan kasus kekerasan pada anak  di Aula Gedung Farmasi, Balai Kota Depok, Senin (26/11/2018). (Foto: Asyril/Diskominfo). 

depok.go.id-Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, aktif memberikan pembekalan pada kader ramah keluarga seperti Petugas Lapangan KB (PLKB) dan Pos Keluarga Berencana (Pos KB) tingkat Kota Depok. Dengan pembekalan ini, diharapkan kader ramah keluarga memiliki kemampuan deteksi dini dalam mencegah kekerasan pada anak.

“Pelaksanaan pembekalan ini merupakan angkatan kedua. Sebelumnya sudah dilakukan selama dua hari,” ujar Kepala Seksi Tumbuh Kembang dan Perlindungan Anak DPAPMK Kota Depok, Ima Halimah di Aula Gedung Farmasi Kota Depok, Senin (26/11/2018).

Tujuan dari kegiatan ini, sambung Halimah, agar kader memiliki kemampuan dalam melindungi anak dari berbagai tindak kekerasan dan pelecehan seksual. Hal ini sangat penting, mengingat hingga Oktober 2018, sebanyak 56 kasus telah ditangani DPAPMK, di mana melibatkan 96 korban baik anak maupun keluarganya.

“Alhamdulillah, kasus tersebut sudah ada yang selesai dan ada yang masih dalam tahap penyelesaian,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, DPAPMK Kota Depok telah melakukan pendampingan mulai dari awal kasus hingga tuntas tanpa perlu membuka identitas korban. Diharapkan dengan adanya pembekalan ini, para kader dapat menyebarkan ilmu yang sudah didapatkannya.

“Insya Allah, ini langkah perspektif kita dalam mengantisipasi kekerasan pada anak. Agar anak-anak di Kota Depok terlindungi,” ucapnya.

Penulis : Dian Afrianti Kunto
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :