Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Depok, Diarmansyah. (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id_ Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok terus berupaya meningkatkan jumlah perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di penghujung tahun 2018. Salah satunya dengan melakukan perekaman secara serentak di 63 kelurahan pada Kamis (27/12/18).

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Depok, Diarmansyah mengatakan, perekaman secara serentak ini sebagai tindak lanjut dari Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Nomor 471.13/24150/Dukcapil tanggal 17 Desember 2018. Dimana, diinstruksikan untuk melakukan pelayanan jemput bola perekaman e-KTP serentak secara nasional untuk pemilih pemula.

“Sebenarnya perekaman ini dilakukan ke setiap sekolah, tetapi karena bertepatan dengan libur sekolah, maka kami alihkan ke kelurahan setempat,” tutur Diar, sapaannya, saat ditemui depok.go.id di ruang kerjanya, Rabu (26/12/18).

Lebih lanjut, ucapnya, perekaman e-KTP akan dilakukan di kantor kelurahan setempat. Untuk jam pelayanannya dibuka mulai pukul 08.00-20.00 wib.

“Perekaman ini memang dikhususkan bagi warga yang baru berusia 17 tahun. Namun, jika ada masyarakat umum ingin merekam akan tetap dilayani dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK),” tuturnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga telah mengirimkah surat pemberitahuan kepada lurah setempat. Agar dapat diinformasikan kepada masyarakat terkait jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang belum merekam supaya memanfatkan kesempatan ini. Sebab, bagi wajib KTP yang berusia 23 tahun ke atas yang belum merekam hingga tanggal 31 Desember 2018, maka datanya akan diblokir,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :