depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus mendukung pemenuhan hak anak sebagai salah satu langkah dalam memperkuat Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA). Hal tersebut sejalan dengan tugas Dinkes sebagai kluster ketiga pada gugus tugas layak anak.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita menjelaskan, Dinkes memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman kesehatan dasar anak. Guna memaksimalkan perannya, Dinkes memberikan dukungan atas pemenuhan kesehatan anak dengan program gizi pendukung.

“Kami punya program gizi pendukung agar gizi anak-anak terus meningkat. Ini sebagai pemenuhan hak kesehatan pada anak,” tuturnya saat menjadi narasumber pada Rakor Gugus Tugas Layak Anak di aula lantai 1 Gedung Balai Kota Depok, Rabu (26/12/18).

Novarita menuturkan, program gizi pendukung yang telah dijalankan meliputi pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita kurang gizi dan ibu hamil yang sudah dilakukan sejak tahun 2014. Kemudian, pembinaan Pos Gizi dan Kelompok Pendukung ASI (KPASI), serta pelatihan gizi bagi kader, guru, dan masyarakat.

Selain itu juga dilakukan pembinaan bagi posyandu balita dan posyandu remaja. Selanjutnya, penguatan program 1000 hari pertama, pemberian tablet tambah darah bagi ibu hamil, calon pengantin, dan remaja putri.

Tidak hanya itu, Dinkes juga melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi, komunitas, masyarakat dan organisasi profesi (PERSAGI), dan kegiatan intervensi gizi spesifik maupun sensitif.

“Semoga dengan upaya yang sudah kami lakukan ini dapat terus meningkatkan status gizi anak di Kota Depok. Dengan begitu, pemenuhan hak kesehatan pada anak dapat tercukupi,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :