Salah satu IPAL Komunal di Kelurahan Bojong Pondok Terong yang telah selesai dibangun. (Foto: dok. Disrumkim).

depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) telah merampungkan pembangunan sepuluh Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal yang ditargetkan dibangun di 2018. Saat ini sedang dalam proses serah terima kepada Kelompok Pengelola dan Pengguna (KPP) setempat.

Kepala Bidang Permukiman Disrumkim Kota Depok, Sukanda mengatakan, pembangunan IPAL tahun ini berasal dari dua jenis pembiayaan. Diantaranya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok dan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

“Untuk IPAL komunal dari APBD kita bangun sebanyak empat unit di Kelurahan Pondok Terong, Kelurahan Pondok Jaya, Kelurahan Ratu Jaya, dan Kelurahan Cinere,” tutur Kanda, sapaannya, saat ditemui depok.go.id di ruang kerjanya, Rabu (26/12/18).

Lebih lanjut, ucapnya, sementara untuk IPAL komunal yang berasal dari DAK sebanyak enam unit yang dibangun di enam kelurahan. Diantaranya, Kelurahan Depok, Kelurahan Cipayung Jaya, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kelurahan Tapos, Kelurahan Cipayung, dan Kelurahan Sukamaju Baru.

Dirinya menambahkan, setiap unit IPAL yang dibangun memiliki kapasitas sekitar 13 meter kubik yang dapat menampung limbah dari 30-35 Kepala Keluarga (KK). Dimana, pembangunan IPAL tersebut dikhususkan bagi warga yang kurang mampu yang belum memiliki akses septik tank.

“Pembangunan IPAL tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan program 100-0-100. Program itu adalah menyediakan 100 persen akses air bersih bagi masyarakat, mengurangi kawasan kumuh hingga 0 persen, dan 100 persen sanitasi layak,” tandasnya.

 

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :