wc

Isu gender saat ini sedang banyak berkembang. Berbagai ketentuan sosial yang responsif gender menjadi hal yang sangat penting untuk bisa diimplementasikan.

Salah satunya ialah betapa pentingnya pembuatan toilet yang responsif terhadap gender. Memang hal tersebut terdengar tidak umum namun, apabila ditelusuri lebih jauh toilet yang baik, salah satunya harus memperhatikan perihal gender itu. Toilet responsif gender dapat dilihat dari segi kuantitas toilet laki-laki dan perempuan.

“Pengadaan toilet untuk perempuan yang lebih banyak dari laki-laki secara kuantitas menjadi titik poin terpenting,” tegas Rina Fitriani Bahar, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK), saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/02/2015).

Rina menambahkan, kebutuhan laki-laki dan perempuan terkait toilet memang berbeda. Perempuan yang dalam masa menstruasi membutuhkan waktu yang lebih lama di dalam toilet. Kamar toilet perempuan yang lebih banyak bertujuan untuk mengatasi jumlah antrean di luar toilet.

“Mengingat pentingnya toilet yang responsif gender, kami terus berusaha untuk mensosialisasikannya ke seluruh pihak agar lebih mengerti dan harapannya bisa diimplementasikan,” tutup Rina. (Nurul H/Diskominfo)

Bagikan post melalui :