176891_620

Di era globalisasi ini, banyak anak dibawah umur yang terjerumus pada obat-obatan terlarang. Secara garis besar, anak tidak sepenuhnya salah. Peran orang tua juga dipertanyakan dalam pembentukan karakter sang anak.

Orang tua harus jeli melihat setiap gerak gerik perilaku anak, untuk memantau setiap perubahan yang terjadi. Pendekatan secara preventif yang dilakukan orang tua sangat berpengaruh terhadap psikologis anak.

Selain memberikan kasih sayang, orang tua dituntut untuk membimbing anaknya sampai anak beranjak dewasa. Namun, terkadang hal ini menjadi kendala ketika orang tua sudah berpisah atau bercerai.

Korban perceraian berpotensi membuat anak-anak menggunakan narkoba, karena anak lebih mudah stres dan menjadi pendiam dan akhirnya berteman dengan barang haram yang menjanjikan sejuta kesenangan.

“Korban perceraian adalah salah satu faktor anak terjerumus ke lembah hitam. Ketahanan keluarga menjadi prioritas pembangunan negara untuk menciptakan generasi-generasi bermartabat,” ujar salah satu Wakil Ketua DPR Kota Depok, Suparyono belum lama ini.

Dirinya menghimbau kepada orang tua maupun calon orang tua agar tetap memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak, bagaimanapun keadaannya. Hal ini dimaksudkan agar anak tetap merasa memiliki kedua orang tua meskipun kenyataannya orang tua telah berpisah. (Nita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :