IMG_51221-300x225

Sub. Bag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kesehatan Kota Depok mengadakan pertemuan validasi data profil kesehatan tahun 2014, pada hari Jum’at, (27 Februari 2015) bertempat di Wisma Hijau Mekarsari, Cimanggis Depok. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Hj.Ani Rubiani, M.Kes dan Kepala sub.bag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan, drg.Hetty  Kiswandani dengan peserta sebanyak 55  orang terdiri dari 35 orang peserta Puskesmas dan 20 orang peserta dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Maksud pertemuan ini adalah agar Dinas Kesehatan mendapatkan data-data dalam Profil Kesehatan yang valid, tepat, serta  untuk mendapatkan data dasar puskesmas yang terbaru atau kondisi terkini untuk kebutuhan evaluasi dan pengambilan keputusan .

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok menyampaikan pentingnya pertemuan validasi data profil kesehatan untuk mendapatkan data-data yang benar-benar satu, karena keluaran dari pertemuan ini adalah Buku Profil Kesehatan selama satu tahun yang memuat hasil capaian program kesehatan kota selama 1 tahun . drg. Hetty Kiswandani selaku Kasubbag PEP menambahkan dalam sambutannya agar Puskesmas yang data-datanya masih belum lengkap agar dapat melakukan konfirmasi dan koordinasi kepada pengelola program kesehatan yang turut hadir dalam pertemuan validasi data profil kesehatan.

Selain melaksanakan validasi data profil kesehatan, rangkaian acara pertemuan tersebut adalah desk data dasar puskesmas. Desk ini bertujuan untuk melakukan re-checking atas data-data dasar Puskesmas, seperti :nama dan alamat puskesmas, jenis puskesmas,  puskesmas PONED,  wilayah kerja,  letak administrasi,  kriteria wilayah, kondisi bangunan puskesmas, jumlah dan kondisi rumah medis, jumlah tempat tidur, tenaga yang ada di puskesmas, sumber air, sumber listrik, kondisi jalan menuju puskesmas, jumlah dan kondisi ambulans,  jumlah dan kondisi sepeda motor,  jumlah dan kondisi puskesmas keliling;, jumlah dan kondisi puskesmas pembantu, dan  jumlah UKBM. Data dasar puskesmas ini dipergunakan sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Acara berlangsung dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB.Peserta tampak serius mengikuti pertemuan tersebut, mengingat kegiatan dilaksanakan pada hari Jum’at sehingga pelaksanaan kegiatan berlangsung setengah hari.

Bagikan post melalui :