pelatihan teknis dongeng anak

Bunda Elly saat menghadiri Pelatihan Teknis Mendongeng di Gedung MUI Kota Depok. Senin (27/02/2017). (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang kini banyak bertebaran di Kota Depok, tidak hanya dituntut mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anak sejak usia dini. Tapi, juga mampu menyampaikan materi yang mudah dicerna anak dengan memanfaatkan medium dongeng.

Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida mengatakan, saat ini anak-anak mulai mendapat pendidikan di luar rumah melalui PAUD. Dalam menyampaikan edukasinya, PAUD harus dapat memberikan materi yang mudah diterima anak-anak. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu melalui dongeng.

“Dongeng dapat menjadi media penyampaian edukasi untuk anak, karena ini bagus dan sangat mendidik,” tuturnya saat menghadiri Pelatihan Teknis Mendongeng di Aula Gedung MUI Kota Depok, Senin (27/02/2017).

Dongeng yang diberikan kepada anak, kata Elly, secara tidak langsung akan mendekatkan anak kepada keluarga. Pasalnya, pesan yang disampaikan dapat menimbulkan emosional secara positif terhadap anak yang dapat diaplikasikan di lingkungan keluarga.

Selain itu, dongeng juga dapat membuat anak lebih berhati-hati dalam menjaga diri. Tentunya dari perlakuan tidak baik orang lain yang dapat merugikan diri sendiri.

“Banyak pesan dan manfaat dari dongeng, ini tanggung jawab dan tugas guru PAUD dalam memberikan pengajaran kepada anak didik,” tambah Elly.

Terakhir, dirinya berharap ke depan seluruh guru PAUD di Kota Depok dapat memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak. Mengingat pada usia dini, anak membutuhkan informasi untuk menambah wawasan.

Tidak hanya itu, melalui edukasi yang diberikan tersebut juga diharapkan dapat membangun generasi emas di Kota Depok. Sebagai wujud dalam mendukung program Depok Sahabat Anak.

Penulis: Indri
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :