dinas kearsipan dan perpustakaan

Forum OPD Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok di Aula Perpustakaan Kota Depok, Senin (27/02/2017). (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota Depok terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan tumbuhnya minat membaca di kalangan masyarakat, diharapkan mampu menciptakan generasi yang unggul dan berkualitas.

Plt Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Asep Roswanda mengatakan, pihaknya terus menjalankan program penambahan minat baca masyarakat di Kota Depok dengan menyasar anak-anak hingga orang dewasa.

“Kami menggandeng stakeholder terkait untuk menjalankan program yang ada. Agar masyarakat dapat tergugah untuk mulai mencintai buku, dan membacanya sebagai bahan informasi,” tuturnya saat Forum OPD Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok di aula Perpustakaan Kota Depok, Senin (27/02/2017).

Adapun upaya yang dilakukan, kata Asep, melalui mobil perpustakaan keliling yang setiap harinya menyambangi sekolah-sekolah dan lingkungan perumahan. Selain itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga mulai membentuk taman bacaan dan diharapkan dapat diterapkan di setiap sekolah.

Tidak hanya itu, saat ini juga sedang digarap Perda yang di dalamnya berisi instruksi untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan melibatkan institusi. Nantinya lembaga tersebut yang menekankan kepada anak didik atau masyarakat untuk gemar membaca.

Sementara itu, Asisten Administrasi  dan Pemerintah Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok mempunyai peran penting dalam menjadikan anak-anak cerdas. Kecerdasan itu, kata Widyati, harus dimulai dengan kegemaran dalam membaca dan menjadikan budaya baca itu sebagai kebutuhan.

“Semoga melalui program yang dijalankan dapat menggugah pola pikir masyarakat untuk mencintai buku sebagai bahan informasi utama,” harapnya.

Penulis: Indri
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :