depok.go.id– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok mendorong peningkatan kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok untuk terus menggencarkan program gemar membaca lewat gerakan literasi. Hal tersebut agar masyarakat menjadikan membaca sebagai kebiasaan, sehingga dapat mengetahui informasi baru dari bacaannya tersebut.

“Diskarpus harus semakin mengembangkan program-program yang ada. Menurut saya harus banyak strategi untuk meningkatkan kunjungan perpustakaan, seperti mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kota Depok untuk satu dalam seminggu mereview buku yang ada. Bahkan dijadikan kebijakan,” jelas anggota DPRD Kota Depok, Sahat Farida Berlian, usai mengikuti forum rencana kerja Diskarpus Kota Depok di Perpustakaan Kota Depok pada Selasa (27/02/2018).

Lebih lanjut, ucap Sahat, Diskarpus Kota Depok juga harus meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Ke depan, dinas tersebut harus memikirkan inovasi terkait buku-buku yang menjadi andalan yang dapat menarik pembaca di Kota Depok.

“Diskarpus bisa membuat gerakan ‘Gak Baca Buku Gak Keren’, ini disosialisasi kepada anak-anak sampai dengan remaja. Hal itu juga berkaitan dengan menghalau mereka dalam perlaku menyimpang, selain itu juga dengan menyediakan buku-buku sejarah Kota Depok dari berbagai sumber,” katanya.

Dirinya menambahkan, target minat baca di masyarakat akan didapat jika memiliki strategi untuk meraihnya. Diskarpus harus bekerja sama dengan lintas Perangkat Daerah seperti Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporyata).

Penulis : Janet Swastika

Editor  : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :