agus setiawandepok.go.id- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Depok berhasil memenuhi 17 standar layanan yang mengacu pada dua standar internasional yaitu International Organization for Standardization (ISO) 27001 dan 20000. Keberhasilannya tersebut didapat LPSE sejak 6 Februari 2016.

“Alhamdulillah, Kota Depok telah memenuhi 17 standar layanan. Sebelumnya pada 2027, kami juga sudah memenuhi 12 standar layanan LPSE,” tutur Kepala UPT LPSE Kota Depok Agus Setiawan menjelaskan, LPSE Kota Depok, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucap Agus, pemenuhan standar layanan tersebut dilakukan berkat dorongan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia (LKPP RI) sebagai pembina kebijakan lembaga ini seluruh Indonesia. Dengan begitu nantinya pelayanan yang diberikan melalui LPSE dapat maksimal dalam pengadaan barang dan jasa.

“Jadi 17 standar layanan tersebut dibagi menjadi empat kategori yaitu standar layanan dasar, standar layanan menengah, standar layanan atas, dan standar layanan penuh,” jelasnya.

Kemudian, untuk standar layanan dasar terdiri dari standar layanan kebijakan, standar pengorganisasian layanan, standar pengelolaan SDM dan standar keuangan anggaran. Sedangkan standar layanan menengah meliputi standar aset layanan, standar pengelolaan risiko layanan, standar pemgelolaan helpdesk, standar pengelolaan perubahan dan standar pengelolaan kapasitas.

Lalu, sambung Agus, untuk standar layanan atas antara lain standar kelangsungan layanan, standar pengelolaan pendukung layanan, standar pengelolaan hubungan dengan pengguna layanan.

“Ketiganya sudah kami dapat di tahun lalu, sejak 6 Februari kami sudah memenuhi standar layanan penuh yang meliputi standar pengelolaan keamnan perangkat, standar pengelolaan keamanan operasional pelayanan, standar pengelolaan keamanan server dan jaringan, standar pengelolaan kepatuhan dan standar penilaian internal,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kota Depok termasuk empat wilayah di Jawa Barat yang sudah memenuhi 17 standar layanan selain Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Bandung. Sedangkan untuk tingkat nasional, Depok termasuk 49 kabupaten/kota yang berhasil memenuhi 17 standar layanan LPSE.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :