fitri hariono2depok.go.id-  Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, belum lama ini. Langkah tersebut dilakukan untuk belajar dan berkonsultasi demi  meningkatkan pemasukan retribusi pajak daerah.

Menurut anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Fitri Hariono mengatakan, dalam kunker mengagendakan konsultasi untuk meningkatkan retribusi pajak agar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Depok. Dikatakan Fitri, banyak langkah dan cara yang cukup efektif yang dilakukan Kota Malang dan bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memaksimalkan pendapatan tersebut.

“Misalnya pemasangan papan peringatan pada bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), jemput bola ke masyarakat di tempat-tempat umum dalam hal ini DPMPTSP dan BKD Kota Depok bisa melakukan itu. Kita harus belajar bagaimana PAD Depok dapat meningkat secara signifikan seperti Kota Malang yang PAD rata-rata mencapai 92,6 persen,” jelasnya kepada depok.go.id, Selasa (27/02/2018).

Dirinya menjelaskan, banyak sekali potensi PAD yang bisa dikembangkan di Kota Depok. Antara lain pemasukan dari pajak restoran, pajak bumi dan bangunan (PBB) perkotaan, sektor pajak hotel dan hiburan, pajak reklame, pajak parkir dan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

“Kita konsultasi bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Bukan hanya masyarakat para pengusaha, pemilik lahan agar sadar akan kewajibannya,” terangnya.

Dirinya menambahkan, dengan konsultasi kepada Malang yang sukses dengan PAD, pihaknya dapat melihat apa saja yang bisa diimpelementasikan di Kota Depok. Hal itu agar pendapatan Kota Depok meningkat untuk membiayai pembangunan di daerah ini.

 “Jika kesadaran masyarakat dalam membayar pajak tinggi akan langsung berdampak positif kepada masyarakat. Karena penerimaan uang dari pajak bermuara untuk kepentingan masyarakat. Nantinya pun akan dikembalikan dalam bentuk program pembangunan untuk memajukan Kota Depok,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika

Editor  : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :