Belasan pelajar SDN 3 Cisalak menampilkan Tarian dan Lagu Apuse, dalam pembukaan Lomba Pendidikan di Kecamatan Sukmajaya. (Istimewa)

depok.go.id-Ada yang menarik saat pembukaan Lomba-lomba Pendidikan (LP) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, di Kecamatan Sukmajaya. Sebanyak 16 pelajar berkebutuhan khusus (ABK) dari SD Negeri (SDN) 3 Cisalak, hadir menghibur peserta lomba memainkan musik perkusi dengan membawakan lagu Apuse-Papua.

Kepala SDN 3 Cisalak, Beti Nurbaeti mengatakan, para pelajar yang tampil berasal dari kelas 4, 5, dan 6. Selama seminggu, anak-anak berlatih secara intensif, agar bisa memberikan penampilan yang maksimal.

“Tujuan kami melibatkan pelajar ABK, untuk melatih keberanian mereka. Diharapkan, menumbuhkan kepercayaan diri dan membangun karakter sosialnya,” kata Kepala SDN 3 Cisalak, Beti Nurbaeti, kepada depok.go.id, Rabu (27/02/2019).

Dikatakannya, permainan alat musik perkusi dari botol bekas dan tong sampah juga melibatkan sejumlah pelajar reguler. Dari para pelajar yang tampil tersebut, kata Beti, terbagi ke dalam beberapa kelompok.

“Selama ini, kita tidak membeda-bedakan pelajar ABK dengan yang biasa. Bahkan, saat upacara anak-anak ABK juga turut dilibatkan sebagai petugas, ada yang baca teks Pancasila, ada yang membawa bendera. Mudah-mudahan menjadi terbiasa berinteraksi dengan lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :