Pengurus FKDS diberikan pembinaan oleh Dinkes Kota Depok guna menghidupkan lagi Kelurahan Siaga Akan. (Foto: Asyril/ Diskominfo)

depok.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok berupaya menghidupkan kembali program Kelurahan Siaga Aktif. Untuk itu, Dinkes ingin Forum Kota Depok Sehat (FKDS) untuk mulai mengaktifkan kembali program tersebut dengan mendata untuk diberi pembinaan.

Menurut Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Depok, Tri Wahyuningsih, diaktifkannya kembali Kelurahan Siaga Aktif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mau dan mampu mencegah serta mengatasi berbagai ancaman kesehatan di wilayahnya. Dengan begitu, dapat meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.

“Kami jadwalkan FKDS akan turun ke kecamatan di awal Maret 2019. Hal itu agar kami bisa segera mendapat data awal Kelurahan Siaga Aktif guna diberikan pembinaan lalu dievaluasi,” kata Tri, sapaannya di Sekretariat FKDS Gedung Dibaleka 1 lantai 1, Rabu (27/02/19).

Lebih lanjut, ucapnya, FKDS harus terus mengembangkan program kota sehat agar bisa diteruskan ke tingkat kecamatan dan kelurahan melalui Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) maupun Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat. Melalui langkah tersebut diharapkan kegiatan Kelurahan Siaga Aktif akan mulai terlaksana kembali dimasyarakat.

“Dari sini FKDS akan membina FKKS. Kemudian FKKS membina Pokja Kelurahan Sehat, sehingga Pokja di kelurahan dapat menghidupkan kegiatan siaga aktif demi mempertahankan program kota sehat,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :