rumah abang

SEMANGAT : Semangat anak-anak yang merupakan warga sekitar Jalan. H Abdul Ghani 1, Perumahan Irafel Lestari RT 08, RW 04, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong mengikuti pelatihan keterampilan yang diadakan di Posyandu Literasi yang digagas oleh Komunitas Rumah Anak Bangsa (Rumah Abang). (Foto: Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Bentuk dukungan masyarakat terhadap Kota Layak Anak di Depok adalah dengan adanya Posyandu Literasi di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. Ide membentuk Posyandu Literasi pun hadir dari Komunitas Rumah Anak Bangsa (Rumah Abang) pada Januari 2017.

“Adanya Posyandu Literasi untuk memaksimalkan peran posyandu dalam pemenuhan hak anak. Sekaligus meningkatkan minat baca anak di Kota Depok,” kata Pendiri Rumah Abang, Muhammad Riski Januar kepada depok.go.id, Senin (27/03/2017).

Pria yang akrab disapa Kije itu mengatakan, Komunitas Rumah Abang membuat tiga program untuk Posyandu Literasi. Diantaranya menjadikan posyandu sebagai tempat untuk membaca, sebagai tempat sarana bimbingan belajar (bimbel) secara gratis untuk siswa SD serta pembentukan kelompok diskusi belajar bagi siswa SD dan SMP.

“Kami memiliki satu ruangan untuk menyimpan lebih dari 100 buku bacaan bagi anak,” ucapnya.

Kemudian, sambungnya dalam menjadikan posyandu sebagai sarana bimbel bagi anak SD. Maka, pihaknya membuka progman itu terbuka untuk umum secara gratis. Tercatat, terdapat 23 pengajar di bimbel Posyandu Literasi.

“Semua pengajar merupakan relawan yang tergabung dalam Komunitas Rumah Abang. Kemudian, untuk jadwal pembelajarannya setiap Minggu,” ujarnya.

Kije menuturkan, dalam program diskusi bagi siswa SD dan SMP terdapat berbagai pelatihan yang diberikan kepada para peserta. Antara lain adalah pelatihan pembuatan website dan desain grafis.

“Diharapkan dengan pelatihan tersebut, para siswa memiliki keterampilan dalam diri mereka. Sehingga, mereka memiliki bekal kemampuan dan keahlian untuk menghadapi dunia kerja mendatang,” terangnya.

Kije pun berharap, agar peran Posyandu Literasi semakin dirasakan oleh warga Depok. Untuk itu, Komunitas Rumah Abang berencana untuk membuat sebuah program yang bersifat edukasi bagi masyarakat.

“Kami akan edukasi masyarakat untuk memahami pemenuhan hak anak. Agar berbagai program kami dapat semakin mendorong Pemerintah Kota dalam program Depok Layak Anak,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :