earth hour

Wali Kota Depok Mohammad Idris (tengah) saat menekan tombol switch off didampingi kepala DLHK Etty Suryahati (kanan) dan Ketua Koordinator Earth Hour Rivaldi Ardiansyah (kiri) di Taman Lembah Gurame, Sabtu (25/03/2017). (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id – Upaya menjaga iklim tetap lebih baik terus dilakukan Pemkot Depok. Namun, upaya itu juga butuh dukungan warga, terutama lewat tiga aksi nyata agar upaya penyelamatan lingkungan bisa berjalan maksimal.

“Kita harus menghemat listrik dan air untuk meminimalisir penggunaan energi, melakukan pemilahan sampah, serta mengurangi polusi udara dengan tidak membawa kendaraan sendiri ketika berpergian atau bisa menggunakan transportasi umum,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Etty Suryahati saat ditemui di Taman Lembah Gurame, baru-baru ini.

Etty berharap, ketiga hal ini harus menjadi perhatian khusus, dan diterapkan warga dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah juga terus mendorong agar warga Depok lebih peduli terhadap perubahan iklim yang saat ini secara terus menerus mengalami penurunan.

“Kita juga ajak semua warga Depok untuk melakukan pemilahan sampah sebagai salah satu bentuk kecintaan kita terhadap lingkungan. Saat ini terdata sebanyak 185 RW melakukan pemilahan sampah. Artinya ini sudah mencapai 20 persen, dari total jumlah penduduk Kota Depok yang mencapai 2,1 juta jiwa. Kami akan terus lakukan sosialisasi secara masif agar seluruh warga Depok tergerak untuk melakukan pemilahan sampah,” tambahnya.

Dikatakannya, menggunakan transportasi umum juga dapat mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan raya. Dengan begitu, polusi udara dan suara yang dihasilkan dari knalpot kendaraan dapat berkurang signifikan.

“Kendaraan menggunakan energi dan akan menghasilkan gas buang berupa karbon monoksida. Gas inilah yang dapat merusak ekosistem alam, karena dapat menimbulkan polusi dan mencemari udara. Ayo, kita gunakan transportasi umum untuk menyelamatkan bumi,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :