depok.go.id- Memasuki Usia ke-19 Kota Depok, pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Komitmen dukungan itu ditunjukkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui berbagai fasilitasi baik tempat, pelatihan, berbagai event, perizinan hingga sertifikasi halal dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Kami dari pemerintah memfasilitasi untuk mengembangkan usaha mereka baik dari sisi produk maupun distribusinya,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada depok.go.id, usai membuka pameran Gelar Produk UMKM di  Balai Kota Depok, Jumat (27/04).

Dikatakanya, UMKM berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Depok. Sebab, 65 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Depok disumbang oleh UMKM.

“Untuk mendukung pengembangan UMKM, Kami juga telah menyediakan sebanyak 200 kios bagi pelaku usaha di sejumlah pasar modern sebagai wujud  dari program 1000 kios yang dicanangkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, pihaknya juga terus berupaya mengembangkan UMKM di Kota Depok melalui program pembinaan Wirausaha Baru (WUB) yang mulai dintensifkan sejak tahun 2017. Dimana, jumlah WUB yang dibina sebanyak 271 pelaku usaha dan akan terus ditingkatkan setiap tahun.

“Tahun ini kami targetkan akan membina 275 pelaku usaha baru melalui berbagai program pelatihan maupun fasilitasi terkait legalitas usahanya. Secara keseluruhan jumlah UMKM yang kami bina sekitar 2000 pelaku usaha,” tutupnya.

 

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :