Wali Kota Depok menyampaikan berbagai kemajuan di HUT Depok ke-19. (Bima/Diskominfo)

depok.go.id –  Memasuki usia 19 tahun, Kota Depok terus bertekad menjadi kota yang lebih baik. Berkat kerja keras ini, sejumlah kemajuan telah dicapai di berbagai sektor. Baik dalam perkembangan di bidang infrastruktur maupun non-infrastruktur.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, perkembangan tersebut dinilai dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sebagai tolok ukur utama pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Dia menyebutkan, berdasarkan survei di tahun 2017, IPM Kota Depok sebesar 80,12 persen, angka tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sekitar 79,60 persen.

“Pencapaian angka IPM tersebut, didukung beberapa faktor lainnya. Seperti tingginya Angka Harapan Hidup (AHH) sekitar 74,4 persen, Rata-rata Lama Sekolah (RLS) sekitar 10,92 tahun, dan Harapan Lama Sekolah (HLS) sebesar 14,08 tahun,” katanya, saat upacara HUT Kota Depok, Jumat (27/04/2018).

Menurut Mohammad Idris, tingginya AHH tersebut ditunjang oleh memadainya sarana dan prasarana kesehatan. Termasuk, peran serta masyarakat, baik dari kader PKK dan Posyandu yang penuh semangat dan bekerja profesional.

Adapun dengan meningkatnya angka RLS dan HLS, kata Mohammad Idris, menunjukkan SDM Kota Depok semakin potensial. Hal itu didukung latar belakang pendidikan masyarakat, yang rata-rata setara diploma.

Selain nilai IPM yang semakin baik, tingkat kemiskinan Kota Depok dalam lima tahun terakhir juga terus mengalami penurunan. Mohammad Idris menyebutkan, dari 2,75 persen pada tahun 2011 turun menjadi 2,34 persen di tahun 2017.

“Berbagai prestasi ini, merupakan buah dari hasil kerja sama berbagai Perangkat Daerah (PD),” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :