Stan Diskominfo Kota Depok pada Pameran Pembangunan di Halaman Balai Kota Depok, Sabtu (27/04/19). (Foto: Bima/Diskomimfo).

depok.go.id-Pameran Pembangunan yang digelar guna memeriahkan hari jadi Kota Depok ke-20, dijadikan sarana sosialisasi fasilitas Depok City Operation Room (DeCOR) dan berbagai pelayanan publik berbasis online milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan berbagai pelayanan berbasis aplikasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diketahui oleh masyarakat.

“Untuk pameran tahun ini kita sebetulnya ingin menampilkan tampilan DeCOR yang bisa dioperasikan seperti aslinya, tetapi karena waktunya yang begitu singkat hanya berbentuk backdrop (latar belakang),” tutur Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada depok.go.id, di Halaman Balai Kota Depok, Sabtu (27/04/2019).

Sidik menambahkan, selain DeCor pihaknya juga menyosialisasikan berbagai inovasi aplikasi pelayanan publik berbasis online. Antara lain Sistem Terintegrasi untuk Aspirasi dan Pengaduan (Sigap) dan Depok Single Window (DSW).

“Pengunjung yang datang ke pameran ini diharapkan dapat mengunduh aplikasi tersebut di gawainya. Bagi mereka yang mengunduh kita beri hadiah berupa suvenir,” ujarnya.

Kemudian, jelas Sidik, kedua aplikasi yang telah dibuat dapat mengintegrasikan seluruh pelayanan pengaduan yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sehingga berbagai aduan dari masyarakat dapat direspons secara cepat.

“Misalnya aplikasi Sigap, setiap kejadian bisa langsung dilaporkan dengan foto kejadian dan diunduh di aplikasi secara realtime. Ini juga meminimalisir adanya hoaks yang sengaja dikirim. Jadi lebih praktis dan cepat,” katanya.

Untuk menarik minat pengunjung, pihaknya juga menyediakan permainan (games) yang berkaitan dengan sejarah Kota Depok. Permainan diberikan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kotanya.

“Games ini mengedukasi masyarakat Depok untuk peduli dengan kotanya sendiri,” tutupnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Bagikan post melalui :