Pelatihan pengolahan dan peningkatan mutu hasil perikanan oleh DKPPP kepada lima Pasar di Kota Depok, di Aula Lantai 10, baru-baru ini.

depok.go.id-Sebanyak 20 pedagang di lima pasar tradisional mendapat pelatihan pengolahan dan peningkatan mutu hasil perikanan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok ini, diharapkan menambah wawasan pedagang terkait cara pengolahan ikan yang higienis.

“Belum lama ini kami mengadakan pelatihan untuk empat pedagang di setiap pasar yang kita tunjuk, juga didampingi satu perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar,” ujar Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kota Depok, Ita Wilda, Jumat (27/07/18).

Dikatakannya, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan pedagang yang ada di pasar. Setiap tahunnya, pihaknya akan merangkul lima pasar untuk diberikan pelatihan, diawali pasar yang berada di bawah naungan Pemkot Depok dan berlanjut ke pasar tradisional milik swasta.

“Jadi bertahap, untuk tahun ini pasar milik pemerintah dulu, tahun depan kita merambah ke pasar swasta. Adapun pasar yang sudah kita latih beberapa waktu lalu antara lain Pasar Kemiri, Pasar Agung, Pasar Sukatani, Pasar Cisalak dan Pasar Tugu,” jelasnya.

Beberapa materi yang disampaikan, lanjut Ita, seperti informasi jenis tambahan pangan yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan, cara membedakan ikan segar dengan ikan yang sudah terkontaminasi bahan-bahan kimia serta pengecekan kandungan kimia pada ikan, dengan uji laboratorium langsung.

“Jadi pedagang kita minta untuk bawa beberapa sampel dari dagangannya. Setelah itu, kami uji bersama agar tahu hasilnya. Diharapkan pedagang tidak hanya menjual, tetapi juga tahu ciri-ciri dari ikan yang kondisinya tidak baik,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :