depok.go.id-Setiap bulan Agustus Posyandu memiliki kegiatan rutin berupa pemberian Vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita (BPB). Seluruh Posyandu di Kota Depok, termasuk di bawah binaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan juga akan turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Petugas Gizi Puskesmas Sawangan, Indah Rozalina mengatakan, dalam program ini Posyandu akan memfasilitasi penyediaan informasi gizi balita secara berkala untuk evaluasi perkembangan status gizi masyarakat. Sehingga dibutuhkan keterampilan dan kejelian kader Posyandu dalam menimbang dan mengukur tinggi balita yang hadir ke Posyandu.

“Dalam mengukur dan menimbang balita, bahkan menghitung umur balita kader Posyandu harus tepat, agar didapat data akurat untuk diukur status gizinya,” terang Indah, ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/07/2018).

Ditambahkannya, untuk mendapatkan data akurat mengenai status gizi balita, para kader Posyandu di wilayah kerja sudah dibekali pelatihan dalam menimbang yang benar dan akurat.

“Di sini perlu bantuan ibu si balita untuk dapat menenangkan anaknya, agar ketika ditimbang bisa lebih tenang,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, Puskesmas Sawangan juga memastikan kalibrasi untuk timbangan yang ada di Posyandu sudah benar. Namun, jika ada timbangan yang tidak benar, para kader akan secepatnya melaporkan pada Puskesmas.

“Kami selalu memastikan timbangan yang ada di 23 Posyandu di Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru sudah benar, sehingga saat nanti BPB tidak ada kesalahan dalam penimbangan,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :