Logo 001 F2 trans

Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok ikut serta dalam acara sosialisasi Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik (e-PUPNS Tahun 2015) yang diselenggarakkan oleh Badan Kepegawaian Nasional Kantor Regional III tanggal 10 – 11 Agustus 2015 di Bandung. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BKN Regional III dan dihadiri oleh para pengelola kepegawaian se-Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Dalam sosialisasinya, Kepala Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Yulina Setiawati, SH. MM menyampaikan bahwa Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menegaskan untuk menjamin keterpaduan dan akurasi data dalam sistem informasi ASN, setiap instansi pemerintah wajib melakukan pemutakhiran data secara berkala dan disampaikan kepada BKN.

Untuk memperoleh data seluruh PNS yang akurat, terpercaya dan terintegrasi dalam rangka mendukung pengelolaan manajemen ASN, telah ditetapkan Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik (e-PUPNS) Tahun 2015.

Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik yang selanjutnya disingkat e-PUPNS adalah proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Sistem e-PUPNS merupakan suatu sistem yang dibangun dengan teknologi berbasis web. Saat ini untuk pengguna dapat mengakses dengan menggunakan web browser melalui alamat: http://pupns.bkn.go.id

PUPNS terakhir yang pernah diselenggarakan pada tahun 2003 masih menggunakan formulir yang harus diisi secara manual oleh masing-masing PNS, sedangkan pada tahun 2015 ini menggunakan metode yang berbeda karena seluruh tahapannya dilaksanakan secara elektronik menggunakan media internet sehingga bisa diakses oleh semua PNS dari mana saja.  Pelaksanaan e-PUPNS dimulai sejak 1 September 31 Desember 2015, termasuk proses verifikasi dan validasinya.

Tahapan yang harus dilalui oleh setiap PNS untuk dapat mengikuti e-PUPNS 2015 dapat dilihat di web http://bkd.depok.go.id . Untuk Petunjuk Penggunaan sistem e-PUPNS bisa diunduh di sini.

Satu penegasan dalam e-PUPNS 2015 yang disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara, “BAGI PNS YANG TIDAK MENGIKUTI e-PUPNS 2015, MAKA AKAN DIANGGAP SUDAH BERHENTI/PENSIUN DAN TIDAK BERHAK MEMPEROLEH PELAYANAN KEPEGAWAIAN”.

Bagikan post melalui :