walikota jaktvdepok.go.id – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Depok dalam menyadarkan masyarakat untuk menjaga pola makan yang baik dan melakukan berbagai kegiatan untuk kesehatan tubuhnya, sehingga dapat menanggulangi segala penyakit dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Salah satunya dengan melakukan berbagai kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional  (HKN) yang jatuh pada 12 November lalu.

“Pola makan yang diterapkan warga Depok saat ini sudah cukup baik untuk mengingatkan kembali. Pada peringatan HKN ini kami melakukan berbagai kegiatan yang dapat menunjang kesehatan,” tutur Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, saat menjadi narasumber pada acara Galeri Publik di JakTV, Jakarta, Kamis (27/11/2015) petang.

Pada talkshow yang turut dihadiri oleh Kepala Bidang Advokasi dan Kemitraan Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Cipayung Nur Alfia, pemimpin Kota Belimbing tersebut menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan pada peringatan HKN merupakan implementasi dari nilai-nilai yang telah digariskan pada perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sehingga nantinya dapat terus dilakukan demi menciptakan hidup yang sehat.

Selain itu, secara tegas Walikota kelahiran Kediri ini juga menerapkan Program Pengendalian Kesehatan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus mewujudkan hidup sehat. Kegiatan yang dilakukan yaitu mempraktikkan pola pangan harapan sebagai ganti dari empat sehat lima sempurna.

Alhamdulillah kini baik masyarakat dan ASN sudah mengakui dampak dari berbagai upaya yang kami lakukan demi menumbuhkan kesehatan dalam tubuhnya,” tambah mantan Menteri Kehutanan di Era Abdurrahman Wahid.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Cipayung, Nur Alfia, mengatakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan hidup sehat sudah cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya warga yang datang ke Puskesmas untuk konseling, bukan berobat.

“Puskesmas juga mempunyai fungsi pemberdayaan masyarakat, sehingga mereka yang datang tidak hanya berobat saja,” ungkapnya.

UPT Puskesmas Kecamatan Cipayung sendiri memiliki program berupa tes kebugaran. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mengetahui tingkat kesehatan masyarakat. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :